Home / Berita Rokan Hilir

LLMB Negeri Seribu Kubah Berharap Kasus Pembuangan Anak di Rohil Segera Terungkap

Media Pesisir News - 05 Mei 2024, 21:39 WIB

LLMB Negeri Seribu Kubah Berharap Kasus Pembuangan Anak di Rohil Segera Terungkap

Photo: Ketua LLMB Negeri Seribu Kubah Dt. Panglima Tengah Irfansyah, ST., M.IP., (dok-istimewa/mediapesisirnews.com). 


ROHIL, Mediapesisirnews.com | Kasus penemuan anak perempuan terbungkus didalam kantong plastik baru baru ini terjadi di wilayah Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau, disorot publik.

Tidak kalah menarik, hingga saat ini kasus tersebut belum juga menemukan titik terang, siapa pelakunya, perbuatan yang dikecam tidak berprikemanusiaan itu ikut diminta pertanggungjawaban oleh sejumlah pihak.

Salah satunya dari unsur Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Negeri Seribu Kubah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, yang mengecam aksi bejat pelaku dan meminta kepada pihak penegak hukum untuk segera mengungkap kasus yang tidak terpuji itu, dengan begitu diharapkan hal serupa tidak terulang kembali di Negeri Seribu Kubah.

" Kami LLMB Negeri Seribu Kubah, berharap pihak penegak hukum berhasil mengungkap kasus pembuangan bayi yang ditemukan warga Bagan Punak Meranti kemarin. Jika kasus ini tidak terungkap kita khawatir kedepannya ada terjadi hal yang serupa lagi, " kata Dt. Panglima Tengah Irfansyah, ST., M.IP, Minggu (05/05/2024) di Bagansiapiapi.

Ketua LLMB Itu ikut menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat terutama para orang tua untuk selalu aktif mengawasi anaknya karena menurutnya peran para orang tua itu sangat penting, Keluarga merupakan orang terdekat bagi seorang remaja, dimana keluarga bisa mengontrol pergaulan anak remaja, jika adanya kurang perhatian keluarga terhadap seorang anak remaja, hal tersebut dapat memicu terjadinya pergaulan bebas, karena seorang anak yang merasa haus kasih sayang, dan mencari perhatian lebih dengan cara yang salah, yaitu bisa jadi pergaulan bebas.

"Pantau terus anak-anak kita, jangan lengah, jika anak-anak keluar rumah, tanya dan cari tahu mereka mau kemana dengan siapa, ini upaya awal kita sebagai orangtua untuk menghindari agar anak-anak kita tidak terjebak dalam pergaulan bebas," Pesan Dt Irfansyah.

Dia juga meminta peran aktif pihak keamanan terutama pihak satpol PP, pihak kepolisian untuk terus melakukan kegiatan patroli atau razia terhadap remaja terutama anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

" Kita dorong dan dukung pihak keamanan melakukan patroli di tempat-tempat yang diduga dijadikan anak-anak untuk melakukan hal-hal yang dilarang seperti di kawasan batu enam, tempat-tempat hiburan malam, hotel-hotel atau penginapan," Ujarnya.

Ketua LLMB Negeri Seribu Kubah serius menyampaikan, pihaknya baru baru ini juga ikut aktif memantau daerah- daerah yang dianggap rawan dijadikan tempat melakukan hal-hal hal yang dilarang, jika kami mendapatkan bukti kami akan segera melakukan Audiensi dengan pihak yang terkait guna mengantisipasi terjadi hal yang yang buruk yang dapat mencoreng nama baik daerah," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Masyarakat Batu Enam, Kecamatan Bangko, digegerkan dengan penemuan seorang bayi mungil tergeletak di tepi jalan terbungkus didalam kertas plastik. Rabu (01/05/2024) malam.

Sontak, hal tersebut turut menjadi perhatian masyarakat setempat, tak berselang lama bayi mungil itupun dilarikan ke Puskesmas setempat.

Menurut warga sekitar, bayi mungil berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di jalan Mulyorejo tidak jauh dari rumah RT 09 kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir.

" Bayi nya cantik, putih, ditemukan dengan kondisi sehat di dekat rumah RT 09 didalam bungkus plastik, sekarang lagi dirawat didalam kantor Puskesmas Bagan Punak Meranti," Ujar seorang warga.

Penemuan bayi cantik yang diperkirakan baru lahir itu ikut dibenarkan oleh Sekretaris kepenghuluan Bagan Punak Meranti.

"Penemuan bayi malam ini sekira pukul 21:00 Wib, atas inisiatif warga langsung dilarikan ke Puskesmas ini," Kata Hendri Atok Sekdes Bagan Punak Meranti kepada mediapesisirnews.com.

Informasi sementara diperoleh, usai mendapatkan perawatan dari pihak Puskesmas Bagan Punak Meranti, bayi mungil itu dibawa kerumah RT 09 diiringi oleh puluhan masyarakat, serta aparat kepolisian dari Polsek Bangko bersama Babinsa Bagan Punak Meranti dari satuan Koramil 01/Bangko Kodim 0321/Rohil.

Atas peristiwa tersebut asumsi dari masyarakat menilai bahwa bayi tersebut diduga sengaja di buang oleh orang tuanya yang bukan pasangan suami istri yang sah.

Informasi tambahan, berdasarkan keterangan pihak Puskesmas Bagan Punak, Kecamatan Bangko kepada mediapesisirnews.com bahwa bayi perempuan yang ditemukan tersebut memiliki berat 2,5 kg dengan kondisi sehat.

Editor: Redaksi.


Share :

Terpopuler


DPW MUKI Riau Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

Terpopuler

28 Februari 2023, 14:08 WIB

DPW MUKI Riau Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

Berita Terbaru


Wakil Kepala Kejati Riau Pimpin Pelaksanaan Apel Kerja Pagi

Berita Terbaru

24 Juni 2024, 16:43 WIB

Wakil Kepala Kejati Riau Pimpin Pelaksanaan Apel Kerja Pagi

Berita Lama


Daftar 14 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Mulai Hari Ini

Berita Lama

07 Januari 2022, 11:39 WIB

Daftar 14 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Mulai Hari Ini
Ashanty Positif Omicron Usai Pulang dari Turki

Berita Lama

07 Januari 2022, 11:42 WIB

Ashanty Positif Omicron Usai Pulang dari Turki
DPD TOPAN RI Rohil Silaturahmi Ke Desa Aek Batu

Berita Lama

10 Januari 2022, 03:27 WIB

DPD TOPAN RI Rohil Silaturahmi Ke Desa Aek Batu