Home / Berita Rokan Hilir

Perdana, Coklit Serentak Pilkada 2024 di Sintong Diawali Rumah Kediaman Bupati Afrizal Sintong

Media Pesisir News - 25 Juni 2024, 15:11 WIB

Perdana, Coklit Serentak Pilkada 2024 di Sintong Diawali Rumah Kediaman Bupati Afrizal Sintong

Photo: Kegiatan Pencocokan data dan penelitian (Coklit) di Rumah Kediaman Bupati Rohil Afrizal Sintong, Desa Sintong Bakti, Kecamatan Tanah Putih, Senin (14/06/2024). 


ROHIL, Mediapesisirnews.com | Sebanyak 1728 Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah dilantik secara serentak pada 24 Juni 2024 lalu, tersebar di 1.111 di tempat pemungutan suara (TPS) di 18 Kecamatan, 184 Desa/ Kelurahan se Rohil. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohil ikut menetapkan tahapan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 telah dimulai dengan ditandai proses tahapan pencocokan data dan penelitian (Coklit) serentak yang dimulai 24 Juni sampai 24 Juli 2024.

Kepala Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Rohil Mukhlis, SE., saat melakukan pendampingan coklit di TPS 02 Kepenghuluan Sintong Bakti Kecamatan Tanah Putih, Rohil, menyampaikan secara Perdana Coklit dilakukan di rumah kediaman Bupati Rohil Afrizal Sintong. 

"Pelaksanaan Coklit digelar serentak se Rohil dimulai pada 24 Juni 2024, untuk di kepenghuluan Sintong kita ikut mendampingi petugas melaksanakan Coklit di rumah kediaman Bupati Rohil, alhamdulillah semua berjalan dengan lancar," Kata Mukhlis. Selasa (25/06/2024). 

Kepala devisi teknis penyelenggaraan KPU Rohil ikut menyampaikan proses Coklit di rumah kediaman Bupati Rohil ikut didampingi langsung Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rohil Zubaidah, SE., PPK Kecamatan Tanah Putih, PPS Desa Sintong Bakti, Panwascam, dan PKD. 

Sementara Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah ketika dikonfirmasi media menyampaikan proses Coklit di Rumah kediaman Bupati Afrizal Sintong merupakan bentuk pengawasan melekat terhadap tahapan Pantarlih dalam melakukan pencoklitan secara serentak se Rohil. 

"Kami dari Bawaslu Rohil juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Panwascam dan Panwaslu Kelurahan /Desa untuk melakukan pengawasan melekat dalam pelaksanaan pencoklitan serentak dimasing-masing Kecamatan dan Desa/Kelurahan," Kata Zubaidah. 

Ia ikut memastikan Pencoklitan yang dilakukan oleh petugas pantarlih tersebut Prosedur nya tepat, datanya akurat, dan Hak Pilih terkawal, sehingga dengan begitu semua warga masyarakat Rokan Hilir yang sudah memenuhi syarat dan mempunyai hak pilih semuanya terkawal dengan baik. 

Masih menurut Zubaidah, di hari yang sama Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal juga turut melakukan Pengawasan pencoklitan didesa Ujung tanjung, dari hasil pengawasan beberapa sample pencoklitan didapati pencoklitan tersebut sudah sesuai prosedur dan datanya juga akurat.

" Kami juga berharap Petugas pantarlih dapat melaksanakan pencoklitan ini dengan baik dan benar serta didukung oleh data-data yang akurat sehingga hak pilih masyarakat semuanya dapat terakomodir," Pungkasnya. 

Sementara Bupati Rohil Afrizal Sintong Ketika dikonfirmasi menyampaikan ucapan terimakasih dan mendukung proses Coklit yang digelar serentak dapat berjalan dengan lancar sehingga dengan begitu pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan sukses khususnya di Rohil. 

"Saya berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu Rohil yang juga hadir pada pelaksanaan Coklit yang digelar secara serentak," ujar Bupati saat pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada, Senin (24/6) di kediamannya, 

Bupati Afrizal menyampaikan pentingnya menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik serta berharap pemetaan data pemilih berjalan dengan lancar.

"Harapan kami, seluruh tugas dan kewajiban dapat dijalankan dengan baik dan pemetaannya bagus. Sebagai Bupati, saya sangat berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada ini mencapai lebih dari 80 persen," Imbuhnya. 

Lebih lanjut, Bupati juga menginginkan agar Pemilu tahun ini berlangsung dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan, sehingga masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan antusias.

"Harapan saya, Pemilu tahun ini menjadi Pemilu yang gembira dan bahagia, sehingga masyarakat datang berbondong-bondong ke TPS dengan perasaan senang," Pungkasnya. 

Bupati Afrizal juga menyampaikan bahwa para petugas KPU dan Bawaslu telah profesional dan terlatih dalam menjalankan tahapan demi tahapan Pemilu. Pelaksanaan Coklit yang baik dan profesional dapat mendukung suksesnya Pilkada serentak tahun 2024. serta meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi di Daerah. 

Bupati Afrizal menegaskan Kepada Pantarlih nelalui KPU Rohil dalam melaksanakan Coklit, Pantarlih benar-benar dari rumah kerumah dan mecocokkan identitas kependudukan (KK) dengan data pemilih yang diterima.

"kalau ada yang tidak cocok ya diperbaiki serta memastikan pemilih yang sesuai dengan peraturan dipastikan terdata pada data pilih agar pada 27 Nopember 2024 nanti tidak ada masyarakat kita yang tidak dapat mengunakan hak pilihnya," pesan Bupati. 

Sebagai Kepala Daerah, lanjut Bupati, Saya menghimbau kepada masyarakat Rohil khususnya untuk menerima kedatangan Pantarlih guna pencocokan dan penelitian (Coklit) Kartu Keluarga (KK) untuk memyesuaikan dan memastikan agar terdaftar dalam data pemilih.

Editor: Zen

Share :

Terpopuler


DPW MUKI Riau Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

Terpopuler

28 Februari 2023, 14:08 WIB

DPW MUKI Riau Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

Berita Terbaru


Wakajati Riau Hadiri Bakti Kesehatan Serentak Polda Riau

Berita Terbaru

26 Juni 2024, 13:46 WIB

Wakajati Riau Hadiri Bakti Kesehatan Serentak Polda Riau

Berita Lama


Daftar 14 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Mulai Hari Ini

Berita Lama

07 Januari 2022, 11:39 WIB

Daftar 14 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Mulai Hari Ini
Ashanty Positif Omicron Usai Pulang dari Turki

Berita Lama

07 Januari 2022, 11:42 WIB

Ashanty Positif Omicron Usai Pulang dari Turki
DPD TOPAN RI Rohil Silaturahmi Ke Desa Aek Batu

Berita Lama

10 Januari 2022, 03:27 WIB

DPD TOPAN RI Rohil Silaturahmi Ke Desa Aek Batu